021 54376477
021 54376477

Mengadaptasi keinginan klien menjadi sebuah mahakarya memang bukan perkara mudah. Namun di tangan PT Wanindo Prima, kiprah enam dekade Astra Group menjadi sebuah event menarik bernuansa natural, dengan cita rasa Indonesia yang begitu kental.

Karpet merah sepanjang 60 meter menyambut kedatangan ratusan tamu undangan konser bertajuk ‘Inspirasi 60 Tahun Astra’ di Jakarta Convention Center, pada 24 Februari 2017. Konser inspiratif yang dikomandoi oleh Erwin Gutawa tersebut, dimeriahkan oleh Gita Gutawa, Gabriel Harvianto, Berlian Hutauruk, Glen Fredly, dan Sophia Latjuba.
Di tempat yang sama, pada 25-26 Februari 2017, kemeriahan pesta dilanjutkan dengan pameran ‘Inspirasi 60 Tahun Astra’ yang menuturkan kiprah enam dekade PT Astra International Tbk di panggung bisnis nasional. Sri Vista Limbong, Direktur PT Amara Pameran Internasional selaku organiser, mengatakan, untuk mengaplikasikan cita rasa Indonesia tersebut ke ruang pameran, pihaknya menggandeng PT Wanindo Prima.
Febriana Wiriadi, Direktur Pemasaran PT Wanindo Prima, mengakui, bukan pekerjaan mudah menghadirkan konsep Indonesia dalam stan bernuansa natural. Selain waktu pengerjaan yang cukup sempit (hanya dua hari untuk instalasi), pemilihan material pun terbilang rumit. Wanindo Prima, menurut dia, memerlukan 2.818 lembar multiplex yang didatangkan dari sepuluh supplier di Pulau Jawa.
“Proses seleksi material sangat ketat, karena kami hanya menggunakan multiplex berwarna keputihan dengan sedikit mata kayu. Keunggulan multiplex jenis ini, tidak perlu lagi melewati proses pengecetan. Sedangkan untuk aplikasi ukir yang diselipkan pada stan, kami mengadopsi teknologi CNC,” ujar Febriana.

Meski menemukan sejumlah kendala dalam proses pengerjaan, Vista menilai, Wanindo Prima sukses menaklukkannya. “Keinginan klien cukup rumit. Selain itu, kami hanya memiliki waktu satu bulan untuk melakukan finalisasi konsep dan merealisasikannya ke dalam rupa pameran. Pengalaman selama 24 tahun mematangkan Wanindo Prima di lapangan. Mereka mengeksekusi setiap keinginan klien dengan begitu detail,” kata Vista.
Pameran Inspirasi 60 Tahun Astra terbagi atas tiga bagian utama. Pertama, anjungan sepanjang 60 meter yang menjadi titik masuk pengunjung. Kedua, milestone yang menggambarkan kiprah Astra sepanjang 60 tahun terakhir. Area ini memiliki tiga stan yang diawali dengan Astra Portofolio berluas 90 meter persegi. Stan ini memamerkan tujuh profil bisnis Astra: otomotif; jasa keuangan; alat berat, pertambangan, dan energi; agribisnis; infrastruktur dan logistik; teknologi informasi; serta properti.

Berdampingan dengan Astra Portofolio, berdiri Astra Public Contribution berluas 90 meter persegi yang menampilkan empat kegiatan utama tanggung jawab sosial (CSR) Astra, yaitu kreatif, hijau, cerdas, dan sehat. Menariknya, kegiatan CSR Astra itu dirangkum dalam sebuah video yang ditayangkan melalui lima layar LCD berukuran 32 inci.
Berjarak sekira 6 meter dari Astra Portofolio, berdiri stan Astra People berluas 110 meter persegi. Stan ini menuturkan kisah sukses Astra mengelola sumber daya manusia (SDM) dengan mengandalkan empat strategi: engagement, manajemen karier, attract (mengembangkan karier impian karyawan), serta retirement (memastikan kesejahteraan pegawai pasca-purnabakti).

Ketiga, area pameran yang melibatkan 11 exhibitor dari Astra Group. Bagian ini terhubung dengan Area Pelataran Kreasi yang menghadirkan tujuh talkshow dan 30 pertunjukan selama dua hari. Di sini, pengunjung dihibur oleh penampilan GAC, Maliq & D’Essential, dan Kahitna.
Selain tiga bagian utama tersebut, pameran Inspirasi 60 Tahun Astra juga menampilkan area komunitas berluas 210 meter persegi. Komunitas Historia, 1.000 Guru, Fotografi.net, Young on Top, Tomoci, Astra Runners, Modifikasi.com, Doodle Art Indonesia, Komunitas Lego Indonesia, dan Good News from Indonesia, merupakan sepuluh komunitas yang mengisi area ini.
“Ada juga area Jejaring Sosial berluas 86 meter persegi, area merchandise seluas 27 meter persegi, serta area pojok bermain berluas 670 meter persegi. Khusus pojok bermain, pengunjung cilik dimanjakan dengan sederet kegiatan edukatif, mulai dari taman lalu lintas, sesi dongeng, hingga legoland,” kata Vista.
Bagian menarik lain dari pameran Inspirasi 60 Tahun Astra, terletak pada Dapur Nusantara. Ia berdiri di area parkir Jakarta Convention Center, berseberangan dengan venue pameran. Pada area tersebut, pengunjung bisa menikmati berbagai menu makanan tradisional dari seluruh Indonesia. “Selama dua hari perhelatannya, pameran ini diproyeksikan disambangi oleh 75.000-80.000 pengunjung.”

 

Copyright ©Indoprima.com 2017